Oleh: Muhammad Farid Wajdi *)

MAJELISILMU.COM – Ada tiga kitab matan yang digolongkan sebagai kitab Ilmu Tajwid Dasar, yaitu: Kitab Hidayatus Sibyan, Tuhfatul Athfal dan Roiyyah al-Khoqoniyah.

Ulasan dari ketiga kitab Ilmu Tajwid Dasar diatas dapat dibaca pada penjelasan singkat dan link berikut ini:

  1. Kitab Hidayatus Sibyan

Kitab Hidayatus Sibyan adalah kitab nadzaman berisi tentang dasar-dasar Ilmu Tajwid yang terdiri dari 40 bait syair. Bila dibandingkan dengan kitab ilmu tajwid lain yang biasa digunakan di pesantren seperti Al-Muqaddimah Al-Jazariyah, kitab ini bisa dibilang lebih ringkas Sehingga cocok untuk pelajar tingkat dasar.

Kitab Hidayatus Shibyan tentunya populer di kalangan pesantren dan madrasah. Penyusun kitab ini adalah Syaikh Sa’id ibn Sa’d An-Nabhani Al-Hadrami. Lahir tahun 1300 H  di Yaman dan wafat tahun 1354 H di yaman. Syaikh Sa’id ibn Sa’d adalah seorang ulama’ yang ahli dalam bidang Bahasa, fikih serta berpengetahuan luas perihal ilmu terkait membaca Al-Qur’an. Beliau mengarang beberapa karya tentang ilmu tajwid, gramatikal arab, tauhid dan tasawuf.

Selengkapnya bisa dilihat disini:

2. Kitab Tuhfatul Athfal

Kitab Matan Tuhfatul Athfal adalah kitab yang berisi Dasar-dasar Ilmu Tajwid yang dirangkai dengan bait-bait syair (nadhom) yang indah, dikarang oleh Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy.

“Al-Jamzuriy” adalah nama salah satu kampung yang dinisbatkan pada kampung asal atau kampung kelahiran Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad di Mesir, dekat daerah Thanthaa. Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal Tahun 1160-an, mengambil ilmu dari banyak guru, dan terkhusus belajar ilmu tajwid dan qiroah dengan Syaikh Nuruddin Al Mihiy.

Selengkapnya bisa dilihat disini:

3. Kitab Roiyyah al-Khoqoniyah

Selengkapnya bisa dilihat disini:

Demikianlah ulasan singkat tiga kitab Ilmu Tajwid Dasar. Semoga bermanfaat adanya. Barakallahu fiikum. (*)

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Guru/Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini