Oleh: Muhammad Farid Wajdi *)

Related Post: Meraih Ijazah Sanad Kitab Tijan Darori dan Fathul Izar

MAJELISILMU.COM – Salah satu kitab karya ulama yang umumnya para santri tidak mau membahasnya secara terbuka adalah Kitab Fathul Izar. Mengapa demikian?

Ya, tentu karena Kitab Fathul Izar ialah kitab yang berisi edukasi seks, panduan berhubungan badan suami-istri dan menikmati kebersamaan dengan istri sebagai pasangan yang sah dan halal ‘ditiduri’.

Kitab Fathul Izar juga mengurai secara detail posisi kenikmatan dan larangan (hal yang tidak boleh dilakukan saat bersenggama), serta hari atau malam-malam yang diperbolehkan berhubungan seks sesuai dengan anjuran agama Islam.

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 223 diuraikan bahwa:

 

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ

 

Artinya:

“Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman.” (QS Al-Baqarah ayat 223)

Siapa Penulis Kitab Fathul Izar? Penulisnya KH Abdullah Fauzi Pasuruan. Beliau seorang  ulama Indonesia yang telah menyumbangkan karya-karyanya sebagai penambah wawasan pengetahuan dalam masyarakat tentang khazanah tentang Islam.

Apakah Kitab Fathul Izar termasuk kitab fiqih? Khazanah mengenai pernikahan dan perkawinan merupakan pengetahuan yang penting untuk dikaji dan untuk diketahui. Kajian mengenai pernikahan atau perkawinan tersebut masuk dalam kategori kajian kitab Fikih, yaitu Fikih Munaqahah.

Berikut ini Terjemah dari Kitab Fathul Izar tersebut, yang mana penulis sendiri sudah mendapatkan ijazah sanadnya melalui majelis sama’ yang mengkaji kitab ini, pada Tanggal 1-8 Ramadhan 1444 H, setahun lalu.

Terjemah Kitab Fathul Izar – 1 (Muqaddimah)

Terjemah Kitab Fathul Izar – 2 (Penyakit Hati dan Buruk Sangka)

Terjemah Kitab Fathul Izar – 3: Penjelasan tentang Bersenggama dan Rahasia Waktunya

Terjemah Kitab Fathul Izar – 4: Penjelasan tentang Aturan Bersenggama

Terjemah Kitab Fathul Izar – 5: Etika Bersenggama

Terjemah Kitab Fathul Izar – 6: Penjelasan tentang Do’a Bersenggama

Terjemah Kitab Fathul Izar – 7: Penjelasan tentang Rahasia Penciptaan Keperawanan

Terjemah Kitab Fathul Izar – 8: Sesuatu yang Indah

Terjemah Kitab Fathul Izar – 9: Penutup

Semoga bermanfaat adanya. Barakallahu fiikum. (*)

 

(* Muhammad Farid WajdiPengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep, Sulsel. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini